Training of Trainer Building Information Modelling

Latar Belakang
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 22 tahun 2018 mengamanatkan bahwa bangunan dengan luas di atas 2.000 m2, diwajibkan menggunakan metode Building Information Modelling (BIM). Regulasi ini sejalan pula dengan Undang-undang Nomor 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi. Undang-undang mengamanatkan bahwa Pemerintah memiliki tanggung jawab dalam meningkatkan kualitas dan inovasi teknologi konstruksi dalam negeri. Di Indonesia, penerapan BIM terkendala dengan terbatasnya jumlah instruktur yang tersedia. Sementara permintaan untuk pelatihan penerapan Building Information Modelling di Indonesia, semakin meningkat. Menindaklanjuti hal tersebut, Jurusan Teknik Sipil Universitas Andalas bekerja sama dengan Balai Penerapan Teknologi Konstruksi menyelenggarakan Training of Trainer (ToT) bagi calon instruktur BIM.

Maksud & Tujuan
Penyelenggaraan Training of Trainer (ToT) dimaksudkan untuk mencetak instruktur Building Information Modelling (BIM) di setiap propinsi di Indonesia. Penyelenggaraan Training of Trainer (ToT) bertujuan untuk :Memberikan pemahaman tentang penerapan metode Building Information Modelling (BIM); Memberikan penjelasan pengoperasian perangkat lunak dan mengintegrasikan dengan perangkat lunak lainnya.

Persyaratan Peserta
Peserta Training of Trainer (ToT) BIM adalah sebagai berikut:
Dosen pada program studi Teknik Sipil;
Mampu mengoperasikan program 3D seperti AutoCAD 3D, 3DMax, SketchUp, dll.
Masing-masing peserta diharapkan membawa laptop dengan spesifikasi:
Prosesor minimal core i5 Quad Core;
RAM 8 GB;
Operating System 64-bit windows 10,8/8.1 dan 7.1
Graphics Card setara Nvidia GTX series.

Peserta wajib mengisi ‘surat pernyataan’ (download di sini) dan mengirim surat pernyataan tersebut beserta surat tugas dari Prodi (scan file, format pdf) ke email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya..

Pendaftaran calon peserta ToT BIM ini melalui link berikut:
http://gg.gg/bim2019unand
Batas akhir pendaftaran sampai tanggal 26 Juli 2019.

Waktu dan Lokasi ToT BIM
ToT akan diadakan pada tanggal 6-9 Agustus 2019, bertempat di Gedung Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Andalas. Kampus Unand Limau Manih, Pauh, Kota Padang.

Informasi Tambahan
Peserta tidak dipungut biaya pelatihan.
Peserta diwajibkan mengikuti ToT selama penyelenggaraan (4 hari).
Sertifikat Pelatihan hanya diberikan pada peserta yang hadir penuh.
Surat Tugas dan Surat Pernyataan (asli) diserahkan pada saat pelatihan dimulai.

Read 169 times