Fasilitas penunjang akademik

Gedung Prodi Teknik Sipil berlokasi di Fakultas Teknik yang berada di bagian utara kampus Universitas Andalas (Unand) Limau Manis. Kondisi kampus sangat nyaman dikarenakan terletak di bukit Karamuntiang yang masih alami dengan ketinggian 120 m di atas permukaan laut dan berada 12 km dari pusat kota. Karena kondisi disekitar gedung prodi sebagian besar masih alami maka terasa nyaman dan juga tidak bising karena lalu lintas kendaraan kuliah sidang, ruang laboratorium, ruang dosen, ruang administrasi, ruangan perpustakaan, ruang rapat/seminar, ruang kegiatan kemahasiswaan. Perkuliahan sebagian besar diadakan di gedung kuliah bersama yang telah disediakan oleh universitas, seperti gedung G, H, dan I. Untuk pemanfaatan optimal ruangan, sebagian kuliah diadakan digedung prodi Teknik Sipil, memakai ruang kuliah (RSTA). Laboratorium yang dimiliki Prodi Teknik Sipil mempunyai ruangan di gedung Teknik Sipil, sebagian besar menempati lantai dasar gedung. Ruang laboratorium dilengkapi dengan fasilitas labor yang diperlukan dalam memenuhi kompetensi mahasiswa sesuai dengan matakuliah yang terkait. Ruang laboratorium ini mampu melayani pelaksanaan praktikum sesuai dengan kurikulum yang ada dan kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa. Pada setiap ruang laboratorium terdapat ruang kepala labor dan ruang teknisi. Dengan gedung yang cukup luas ini, sebagian besar kegiatan perkuliahan, praktikum, penelitian dan kegiatan kemahasiswa dapat dilakukan secara terintegrasi dalam satu gedung.

Ruangan untuk dosen terdiri dari 38 ruangan, yang sebagian besar diisi oleh satu dosen per ruangan dan sebagin lagi dua dosen per-ruangan. Jumlah ruangan ini sudah memadai untuk menampung semua dosen Prodi Teknik Sipil sehingga pelayanan akademik dosen ke mahasiswa bisa menjadi lebih optimal.

Ruang admininistrasi program studi terdiri dari ruang Ketua, Sekretaris, serta ruangan tata usaha. Ruangan Tata Usaha terletak dilantai dasar dimana semua urusan administrasi mahasiswa dilakukan melalui satu meja.

Perpustakaan berada pada level universitas dimana Unand memiliki gedung pustaka pusat yang menyimpan koleksi buku dan laporan semua Prodi di Unand. Di prodi tersedia ruang baca, di prodi Teknik Sipil berada di lantai 3 gedung dengan luas 161 m2. Ruangan baca ini dilengkapi dengan ruangan kepala ruang baca serta ruang buku dan ruang baca.

Di gedung Prodi Teknik Sipil juga tersedia ruang seminar (luas 60m2) dan ruang pertemuan (RPJTS) yang bisa dipergunakan untuk seminar atau pertemuan ilmiah. Pelaksanaan semianr atau pertemuan dengan jumlah peserta lebih banyak bisa menggunakan ruang seminar D, F dan Convention Hall yang dikelola oleh Universitas.

Dalam gedung juga tersedia ruangan rapat untuk keperluan rapat-rapat prodi. Juga tersedia satu ruangan yang cukup luas (208 m2) untuk himpunan mahasiswa. Ruangan lain yang tersedia adalah toilet bagi mahasiswa dan dosen yang berada di tiap lantai gedung Prodi Teknik Sipil.

Fasilitas lain di gedung Prodi Teknik Sipil berupa dua lokasi utama parkir untuk kendaraan roda dua dan mobil. Mushalla berada dekat gedung Prodi, yang dikelola oleh fakultas. Kantin juga terdapat di lingkungan fakultas Teknik. Fasilitas olah raga berupa lapangan basket berada pada lokasi fakultas teknik dan untuk olah raga lain berada di lokasi lain di kampus Unand.

Di dalam setiap  ruang perkuliahan Prodi Teknik Sipil maupun ruang kuliah di gedung kuliah bersama, telah terpasang proyektor. Jika ada ruang perkuliahan yang belum terpasang proyektor, maka portable proyektor yang dipunyai prodi bisa dapat digunakan dengan mengikuti panduan (SOP) yang sudah ada.

Universitas Andalas juga telah menyediakan fasilitas secara gratis dan dapat digunakan secara bersama oleh mahasiswa program S1, S2 dan S3 Unand sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan. Prodi Teknik Sipil bisa memanfaatkan fasiltas tersebut untuk meningkatkan mutu pembelajaran mahsiswa. Prodi bisa memanfaatkan fasilitas Laboratorium Komputer yang disediakan UNAND dibawah pengelolan Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) yang mempunyai ± 100 unit komputer yang dilengkapi fasilitas jaringan internet. Di gedung Prodi Teknik Sipil sendiri mempunyai laboratorium komputer, ruang baca,  yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa.

Untuk penggunaan fasilitas tersebut juga tersedia software berlisensi yang dimiliki oleh Universitas Andalas, berupa software dari microsoft, software penajdwalan, TurnItin. Software tersebut berupa operating system (Window 8, Window 10) dan software aplikasi. Software tersebut bisa diunduh dari web http://rangkiang.unand.ac.id/windows/ seperti pada gambar dibawah; pengguna bisa mengaktifkan aplikasi tersebut ke LPTIK.

Read 215 times