Mahasiswa

Universitas Andalas (Unand) mengadakan 3 (tiga) jalur penerimaan, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Ujian Mandiri Bersama Perguruan Tinggi (SMMPTN).
Kuota untuk masing-masing jalur penerimaan terhadap daya tampung masing-masing program studi adalah;
•    SNMPTN sebanyak 30%,
•    SBMPTN sebanyak 40%,
•    SMMPTN ( Jalur Mandiri) sebanyak 30%

Menurut data yang diperoleh dari panitia penerimaan mahasiswa baru tahun 2013 sampai dengan tahun 2017,  rata-rata peminat prodi Teknik Sipil setiap tahun adalah 4592 dan jumlah mahasiswa yang lulus seleksi jalur SNMPTN, SBMPTN dan SMMPTN pada tahun 2017 meningkat sebesar 21.6% daripada tahun 2013.


Berdasarkan data yang disajikan diatas, maka tingkat keketatan calon mahasiswa prodi Teknik Sipil digambarkan meningkat setiap tahun selama 5 tahun terakhir yaitu 20.65 pada tahun 2013 hingga 24.49 pada tahun 2017. Angka keketatan ini menunjukan tingkat persaingan seleksi masuk prodi Teknik Sipil. Angka keketatan ini adalah baik di antara program studi - program studi yang ada di Universitas Andalas, dimana Prodi Teknik Sipil masuk dalam peringkat 5 besar dengan jumlah peminat tertinggi se Universitas Andalas.

Read 410 times